Minggu, 22 Mei 2011

Bukittinggi Kota Wisata Part 3

Akhirnya posting saya tentang kota kelahiran saya Bukittinggi berlanjut, sebelumnya postingan saya membahas beberapa tempat wisata yang terdapat di kota wisata tersebut dan mungkin belum semua tempat dapat saya perkenalkan. Sekarang saatnya mulai dengan beberapa kuliner yang terdapat di kota Bukittinggi.
Dimulai dengan "Nasi Kapau" yang berasal dari Kapau, Kapau adalah nama tempat. Nama sebuah nagari, Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.Letaknya sekitar lima kilometer dari Bukittinggi. Dari Bukittinggi ke Payakumbuh lewat Jalan Soekarno-Hatta. Sampai simpang empat Tanjung Alam, belok kiri.


Dari Nagari Kapau, sajian Kapau dibawa ke Bukittinggi oleh ibu-ibu pedagang nasi. Mereka berjualan masuk keluar kampung dan pasar tradisional yang buka hanya setiap pekan, seperti Pasar Lasi, Pasar Baso, Pasar Biaro, atau Pasar Padang Luar.
Selain nasi kapau di daerah tersebut juga terkenal dengan "godok tinta" haha memang kedengaran ambigu tp disinyalir godok yang dalam bahasa Indonesia makanan yang berasal dari ubi yang sudah diracik dan dibentuk bulat-bulat ini digabung dengan "tinta" yang terbuat dari gula merah yang sudah dicairkan terlebih dahulu. Setiap Ramadhan menjelang makanan khas dari Kapau ini sangat banyak orang-orang yang menjualnya baik di pasar pabukoan "pasar jajanan Ramadhan" maupun di rumah-rumah warga.


Salam,

AMan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar